MENGENAL KAMPUS STIKVINC SECARA ONLINE DI PKKMB 2020

STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya > berita > MENGENAL KAMPUS STIKVINC SECARA ONLINE DI PKKMB 2020

Pada hari senin tanggal 7 September 2020, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya (STIKVINC) mengadakan kegiatan pertemuan orang tua sebagai awal kegiatan mahasiswa baru angkatan 2020. Mahasiswa baru yang diterima di sini berasal dari beragam suku, bangsa dan agama. Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi maka dilakukan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Adanya pandemi virus Corona ini membuat mahasiswa baru belum diberikan kesempatan  untuk mengenal STIKVINC secara langsung dalam PKKMB. Kegiatan PKKMB dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan PKKMB dilaksanakan pada tanggal 8- 11 September 2020.  Tema PKKMB tahun ini adalah “The new normal for the new habit” yang bermakna dalam keadaan new normal yang semuanya serba baru, sehingga diri kita pun menjadi baru. Menjalankan kehidupan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari sehingga terhindar dari penularan virus corona.

Materi yang diberikan selama PKKMB meliputi yang didalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara, pembinaan gerakan revolusi mental, sistem pendidikan tinggi, revolusi industri 4.0, kesiapsiagaan bencana, pendidikan anti korupsi, kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan- kebijakan di  STIKVINC sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi. Dalam PKKMB ini juga mahasiswa baru dikenalkan dengan nilai 4K yang diterapkan di STIKVINC yaitu: Kebenaran, Ketulusan, Kepedulian dan Komunio. Mahasiswa juga diberikan video orientasi kehidupan kampus, sehingga mereka dapat mengenal sedikit mengenai STIKVINC.

Para mahasiswa baru ini merupakan calon-calon generasi emas Indonesia yang dituntut untuk menjadi SDM yang kompeten, mampu berfikir inovatif, optimum menguasai bidang ilmu, dan menerapkannya dalam dunia pekerjaan.  Apalagi saat ini, Indonesia tengah memasuki Revolusi Industri ke 4 (RI 4.0) yang harus dihadapi oleh generasi muda Indonesia. Mahasiswa dipersiapkan secara fisik, mental, sosial, psikologis dan cultural sehingga diharapkan terbentuk sikap mental disiplin diri, sikap sopan santun dalam pergaulan, etika sesuai budaya bangsa Indonesia.

Pada akhir kegiatan PKKMB dilakukan pengukuhan mahasiswa baru dan ucapan selamat datang oleh ketua STIVINC yaitu Sr. Ignata Yuliati SSpS, MAN, DNSc. Meskipun kegiatan PKKMB daring ini terdapat beberapa kendala salah satunya adalah gangguan sinyal, tetapi secara keseluruhan kegiatan PKKMB berlangsung aman, tertib dan terkendali. Semua kegiatan dilakukan sesuai dengan susunan acara yang di rancang dan membekali mahasiswa dengan segala kebutuhan informasi yang diperlukan.

Leave a Reply