STIKVINC (STIKES RKZ) MEMANGGIL ALUMNI

STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya > berita > STIKVINC (STIKES RKZ) MEMANGGIL ALUMNI

STIKVINC menyelenggarakan Seminar Gratis untuk Alumni, dalam rangka moment Reuni, silaturahmi, dan mengenang masa lalu😊😊

Seminar dengan tema “Best Practice Intervention on Covid 19” ini diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus 2021 dimulai dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. Diikuti oleh lebih dari 300 alumni dan dilaksanakan secara daring melalui media zoom meeting. Meskipun dilaksanakan secara daring namun tidak mengurangi antusiasme peserta sepanjang acara, bahkan seusai seminar acara masih dilanjut untuk ajang temu kangen dan silaturahmi para alumni.

Pembicara dalam seminar ini berasal dari alumni STIKVINC sendiiri. Seminar dibagi menjadi 3 sesi dengan topik menarik seputar perawatan covid 19. Pada setiap akhir sesi dilakukan pembagian doorprize bagi 5 peserta yang mengajukan pertanyaan.

Sesi 1 denagn topik “Kebijakan RS dalam Implementasi Manajemen Keperawatan” dibawakan oleh narasumber bu Jany Prihastuty, S.Kep.,Ns.,MARS dengan moderator Bu Yustina Kristianingsih, M.Kep., Ners. Pada sesi ini dibahas mengenai  Kebijakan pelayanan RS sebelum dan sesudah masa pandemi mengacu pada  UU Pelayanan RS No. 44 tahu 2009 dimana disitu dijelaskan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, keperawatan dan kefarmasian semuanya harus patuh pada etika RS, etika profesi,  K3 dan juga menggunakan APD. Kemudian selama masa pandemi, banyak kebijakan baru yang diberikan untuk meminimalkan terpaparnya infeksi bagi perawat maupun tenaga medis lainnya. Perlu bekerja tim secara baik supaya kita bisa mencapai indikator mutu pelayanan untuk pasien khususnya pelayanan keperawatan dan fisioterapi.

Sesi ke 2 dengan topik “Pre dan Intra Hospital: Penanganan Covid 10” dimoderatori oleh Sisilia Indriasari W, M.Kep.,Ners dengan nara sumber ibu Ni Ketut Suadnyani, S.Kep., Ners., M.Kep. Pada sesi ini diulas tuntas mengenai perawatan pasien Covid 19 pada saat dirawat di RS, juga dibahas mengenai penanganan pasien Covid 19 dalam berbagai kondisi kesehatan.

Sesi 3 dimoderatori oleh pak Dominggus Ruku Yudith Pramono, S.St.Ft., M.Kes dan narasumber bapak Fian Akbar Abdhany, S.Fis dengan topik “Post Hospital: Exercise di Rumah Pasca Covid 19”. Sesi terakhir ini membahas mengenai peran fisio dalam membantu pemulihan pasien Covid 19 setelah keluar dari RS.  Program yang harus dilakukan pasien post covid saat di rumah salah satunya adalah exercise. Program exercise yang diberikan bertujuan untuk kebugaran, peningkatan endurance, meningkatnya kekuatan otot, koordinasi dan keseimbangan juga meningkat, meningkatkan pola piker yang positif serta meningkatkan mood. Hal yang harus diperhatikan sebelum, selama dan sesudah latihan adalah SpO2, tensi dan RR. Disini peranan penting fisioterapi sangat di butuhkan dalam memberikan exercise pasca covid di rumah antara lain yaitu breathing exercise dan physical exercise. Inti dari pada breathing exercise terdiri dari ACBT yaitu breathing control, Deep breathing dan Huffing. Sedangkan prinsip yang diberikan pada physical exercise adalah warming up, fitness exercise, strengthening exercise dan cooling down.

Pada seminar ini juga dilakukanpengumpulan donasi bagi mahasiswa dan alumni STIKVINC yang terdampak pandemic Covid 19.

Leave a Reply