Pemerintah Kota Surabaya bersama STIKVINC dalam Giat PIN Polio Putaran Pertama

Kegiatan STIKVINC

Pemerintah Kota Surabaya bersama STIKVINC dalam Giat PIN Polio Putaran Pertama

Sebagai upaya untuk memutus transmisi virus Polio di Kota Surabaya, maka akan dilaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio sebanyak 2 (dua) putaran pada : Putaran I mulai tanggal 15 s.d 21 Januari 2024, dilanjutkan Putaran II pada tanggal 19 s.d 25 Februari 2024.

Sub PIN Polio saat ini adalah Pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya pada seluruh anak yang berusia 0-7 tahun (8 tahun kurang 1 hari).

Adapun jumlah sasaran Sub PIN Polio Kota Surabaya berdasarkan data proyeksi penduduk dan sasaran program kesehatan Kota Surabaya tahun 2023 sebanyak 329.616 anak. Dengan pengelompokan sebagai berikut : Anak Non Sekolah (usia 0-4 tahun) sebanyak 205.688 anak. Kemudian Anak Sekolah (usia 5-7 tahun) sebanyak 123.928 anak.

Saat ini STIKVINC ikut mendukung program Pemkot Surabaya dengan menerjunkan 68 mahasiswa Profesi Ners dan mahasiswa D3 Keperawatan semester 5 untuk ambil bagian dalam giat putaran pertama Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio digelar serentak pada Senin 15 hingga 21 Januari 2024. 68 mahasiswa STIKVINC tersebar dalam 3 Puskesmas yaitu : Puskesmas Pucang Sewu, Puskesmas Mojo, dan Puskesmas Kalirungkut. Bersama dengan dokter/perawat/bidan dari puskesmas, mahasiswa sudah dibagi ke  pos-pos PIN yang sudah ditentukan oleh pihak puskesmas. Terlibat sebagai tenaga vaksinator maupun dalam entry data pada PWS, quick count dan ASIK

Leave a Reply