Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan.

Perpustakaan STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya sebagai pusat informasi dan dokumentasi terutama dalam bidang kesehatan didirikan untuk turut serta melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memilih, menghimpun, mengolah, merawat, dan memberikan pelayanan sumber informasi kepada sivitas akademika yang terdiri dari mahasiswa, staf pengajar (dosen) dan tenaga kependidikan.

VISI

“Perpustakaan berperan penting sebagai pusat informasi institusi dengan menyediakan fasilitas yang modern dan berkualitas guna mendukung proses pembelajaran mahasiswa”

MISI

“Melayani users dengan penuh tanggung jawab serta professional, meningkatkan minat baca users dengan menyajikan koleksi yang bermutu, serta menciptakan kenyamanan dan menerapkan kedisiplinan diri”

Lokasi Perpustakaan STIKES Katolik St. Vincentius A. Paulo Surabaya berada di Kampus STIKES di Gedung St. Arnoldus Jansen lantai 3. Terdiri dari bagian koleksi, bagian sirkulasi, bagian ruang baca sekaligus ruang komputer, ruang koleksi local konten dan ruang koordinator Perpustakaan.

  1. Perpustakaan mempunyai 2 (dua) bagian pelayanan, yaitu: Layanan Teknis, yang bertugas menghimpun, mengolah serta menginformasikan bahan pustaka yang telah diolah/diproses agar dapat dimanfaatkan oleh pemustaka. Mempublikasikan semua karya tugas akhir dan karya penelitian civitas akademika melalui repositori institusi dan Katalog terpasang (OPAC)
  2. Layanan Pemakai, yang bertugas memberikan layanan:  Sirkulasi (peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku)  Katalog terpasang (OPAC)  Surat Kabar  Bebas pinjam/bebas perpustakaan  Pemanfaatan perpustakaan lainnya

Sistem peminjaman yang digunakan adalah sistem peminjaman terbuka, dimana pepustaka dapat secara langsung datang ke perpustakaan, mencari sendiri bahan pustaka yang diperlukan. Untuk memberikan layanan yang lebih luas kepada pemustakanya, perpustakaan bekerja sama dengan Perpustakaan STIKES William Booth Surabaya, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (Bapersip Jatim), Jaringan Perpustakaan APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia), juga dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Timur (FPPTI Jatim), dengan menggunakan Kartu SUPER (sebagai surat pengantar) yang dikeluarkan oleh FPPTI Jawa Timur untuk anggota Perpustakaan STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya untuk dapat mengunjungi seluruh Perpustakaan Perguruan Tinggi dari anggota FPPTI Jawa Timur dengan ketentuan sesuai masing-masing perpustakaan yang dituju. Serta mengadakan Kesepakatan Bersama dengan pemerintahan provinsi Jawa Timur.

Yang disebut pemustaka adalah:

  1. Pemustaka adalah setiap mahasiswa yang masih aktif , dosen dan tenaga kependidikan atau tercatat sebagai sivitas akademika STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya.
  2. Untuk dapat menggunakan haknya, mahasiswa yang masih aktif diminta untuk menunjukkan tanda pengenal (KTM) yang dikeluarkan oleh STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya
  3. Keanggotaan pengguna perpustakaan berakhir apabila Sudah tidak tercatat lagi sebagai Sivitas Akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
  1. Hak
    • Pemustaka berhak
    • Memperoleh pelayanan yang berkualitas
    • Menggunakan bahan pustaka tercetak yang ada di perpustakaan;
    • Menggunakan bahan pustaka elektronik (repository dan e-journal) baik di dalam maupun diluar perpustakaan;
    • Meminjam buku berdasarkan ketentuan yang tercantum dalam TATA TERTIB.
    • Pemustaka dapat mengusulkan bahan pustaka atau buku yang akan digunakan untuk mendukung perkuliahan dan tugas akhir.
  2. Kewajiban
    o Pemustaka berkewajiban:
    o Mentaati Tata Tertib Perpustakaan;
    o Menjaga ketenangan di dalam perpustakaan;
    o Bersikap sopan di dalam perpustakaan;
    o Menjaga keutuhan dan kebersihan bahan pustaka;
    o Menghargai kebutuhan sesama pemustaka
  1. Berpakaian sopan dan tidak menggunakan kaos oblong, jaket, sweater dan sandal, (kecuali sedang sakit, diperkenankan menggunakan jaket)
  2. Meletakkan tas, buku milik pribadi, buku diktat, draft skripsi atau makalah, Tas dan pelindung laptop pada loker yang tersedia, dan barang berharga (uang, perhiasan, laptop, HP) harap dibawa, apabila terjadi kehilangan bukan menjadi tanggung jawab pihak perpustakaan.
  3. Mengisi daftar pengunjung yang telah tersedia di pintu masuk
  4. Tiap pengunjung.hanya diperkenankan membawa maksimal 5(lima) lembar kertas dan menunjukkan kepada petugas ketika masuk dan akan keluar dari perpustakaan.
  5. Menjaga ketenangan diperpustakaan dengan tidak melakukan diskusi didalam perpustakaan dan juga tidak diperkenankan berbicara lantang/berteriak atau membuat suasana gaduh.
  6. Tidak diperkenankan mengubah, merusak, mencuri koleksi dan fasilitas perpustakaan
  7. Menjaga kebersihan di dalam perpustakaan
  8. Tidak diperkenankan membawa makanan/ snack dan minuman ke dalam perpustakaan
  9. Tidak diperkenankan meminjamkan buku dengan menggunakan kartu anggota milik orang lain
  10. Tidak diperkenankan membawa keluar koleksi perpustakaan tanpa seijin petugas
  11. Tidak diperkenankan membawa bahan pustaka milik pribadi yang hendak digunakan di dalam perpustakaan.
  12. Meletakkan buku-buku yang telah dibaca/digunakan ke raknya masing-masing.
  13. Koleksi Khusus hanya boleh dibaca didalam perpustakaan saja dan tidak diperkenankan untuk dipinjam maupun dibawa keluar dari perpustakaan,

Cara peminjaman
a. Peminjam absen saat memasuki perpustakaan dengan menggunakan barcode masing-masing atau dengan mengetikkan Nomor Induk Mahasiswa atau NRK bagi dosen atau tenaga kependidikan.
b. Peminjam mencari koleksi dengan menggunakan sarana penelusuran koleksi/katalog pada komputer yang telah disediakan untuk mencari/menemukan koleksi perpustakaan yang dibutuhkan, dengan mengisi “kata kunci” (bisa dengan mengetikkan judul, pengarang maupun subyek) sebelum menuju ke rak koleksi; atau langsung mencari ke rak koleksi.
c. Peminjam memeriksa buku yang akan dipinjam, bila menemukan kerusakan ataupun coretan harap diberitahukan kepada petugas, buku yang rusak akan diperbaiki terlebih dahulu sebelum dipinjamkan.
d. Peminjam menyerahkan kartu buku yang telah diisi nama & tanggal pinjam kepada petugas guna diproses lebih lanjut.
e. Petugas memproses buku yang dipinjam kedalam sistem otomasi perpustakaan (SLiMS)
f. Buku dapat dibawa pulang oleh peminjam.

Jumlah dan jangka waktu peminjaman

Mahasiswa

Setiap mahasiswa diperkenankan meminjam :
a. Untuk dibawa pulang sebanyak 2 (dua) judul buku dan 2 (dua) majalah/jurnal selama 1 (satu) minggu, dan selama 3 (tiga) hari untuk buku buku tertentu yang jumlahnya terbatas.
b. Serta untuk meminjam yang 1 (satu) hari langsung kembali/perjam diperkenankan pinjam sebanyak 3 judul buku.

Dosen dan Tenaga Kependidikan

Setiap dosen dan tenaga kependidikan diperkenankan meminjam :
a. Untuk dibawa pulang sebanyak 4 (empat) judul (berupa buku semua atau buku dan majalah/jurnal) selama 10 (sepuluh) hari, dan selama 3 (tiga) hari untuk buku buku tertentu yang jumlahnya terbatas.
b. Serta untuk meminjam yang 1 (satu) hari langsung kembali/perjam diperkenankan pinjam sebanyak 3 judul buku.

Cara Pengembalian Pinjaman

a. Peminjam absen saat memasuki perpustakaan dengan menggunakan barcode masing-masing atau dengan mengetikkan Nomor Induk Mahasiswa atau NRK bagi dosen atau tenaga kependidikan.
b. Peminjam menyerahkan buku yang ingin dikembalikan kepada petugas.
c. Petugas mengecheck kondisi fisik buku yang dikembalikan, apabila terjadi kerusakan, buku dikembalikan kepada peminjam untuk diperbaiki terlebih dahulu, apabila kerusakannya parah dan tidak bisa diperbaiki atau terkena air, maka peminjam harus mengganti buku tersebut.
d. Bila tidak terjadi kerusakan, maka petugas akan meng- kroscek no induk buku yang tertera di computer pada sistem otomasi perpustakaan (SLiMS)
e. Jika tidak sesuai maka harus dicari lagi sampai buku tersebut sesuai. Mungkin saja buku tersebut tertukar dengan buku pinjaman milik teman.
f. Jika nomor induk sesuai maka petugas memproses pengembalian tersebut pada computer sistem otomasi perpustakaan (SLiMS) dan proses pengembalian selesai.

Cara Perpanjangan Waktu Pinjaman

a. Peminjam absen saat memasuki perpustakaan dengan menggunakan barcode masing-masing atau dengan mengetikkan Nomor Induk Mahasiswa atau NRK bagi dosen atau tenaga kependidikan.
b. Peminjam menyerahkan buku yang ingin diperpanjang kepada petugas
c. Petugas memeriksa apakah buku tersebut sudah ada yang memesan atau tidak serta mengecek jangka waktu peminjaman buku tersebut, apabila buku yang jangka waktu pinjamnya 1 minggu maka bisa dilakukan perpanjangan, jika jangka waktu pinjamnya 3 hari, maka buku tersebut tidak dapat diperpanjang. serta apabila sudah ada yang memesan maka buku tersebut wajib dikembalikan.
d. Apabila buku tersebut bisa diperpanjang, maka petugas perpustakaan akan menyerahkan kartu buku tersebut kepada peminjam untuk diisi tanggal pengembalian, serta menulis kembali tanggal peminjaman yang baru, kemudian menyerahkannya kembali kepada petugas perpustakaan.
e. Petugas akan melakukan proses perpanjangan didalam komputer sistem otomasi perpustakaan (SLiMS)
f. Apabila prosesnya telah selesai, maka buku dapat dibawa kembali oleh peminjam
g. Khusus bagi mahasiswa yang sedang melakukan praktik diluar kampus, bisa melakukan perpanjangan melalui media sosia WA dengan mengetikkan nama lengkap, NIM, judul, dan nomor induk buku (ketentuan perpanjangan sesuai dengan peraturan yang ada)

Sanksi

Pemustaka diharuskan mengembalikan pinjaman buku sesuai dengan tanggal kembali, dan keterlambatan pengembalian pinjaman buku dikenakan sanksi sebagai berikut:

1. Setiap peminjam yang terlambat mengembalikan buku dikenakan denda Rp. 500,- (lima ratus rupiah) per hari untuk setiap satu buku, baik untuk buku yang dipinjam untuk dibawa pulang maupun untuk yang sehari langsung kembali/perjam.
2. Bagi peminjam yang terlambat mengembalikan lebih dari 2 minggu, akan dikenakan sanksi yaitu membayar denda keterlambatan serta tidak diperbolehkan untuk meminjam buku selama 3 bulan, tetapi hanya diperkenankan pinjam buku satu hari langsung kembali/perjam.
3. Bila terjadi kehilangan atau kerusakan buku, maka peminjam wajib mengganti buku yang sama. Manakala buku tersebut sukar diperoleh, maka peminjam tersebut disarankan untuk mengganti buku dengan subyek yang sama atau edisi yang lebih baru.
4. Bagi pemustaka yang membawa kertas kedalam perpustakaan lebih dari 5 (lima) lembar, dikenakan sanksi tidak boleh pinjam buku untuk dibawa pulang selama 1 (satu) bulan.
5. Bagi pemustaka yang peminjam buku menggunakan nama temannya atau atas nama orang lain, maka keduanya akan dikenakan sanksi tidak boleh pinjam buku untuk dibawa pulang selama 1 (satu) bulan.


Sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan antara lain:

Sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan antara lain:

1. Katalog Online (Online Public Access Catalog – OPAC) Katalog Online (OPAC) tersebut dapat diakses melalui http://perpus.stikvinc.ac.id. Katalog online merupakan sarana penelusuran koleksi perpustakaan yang dapat diakses secara online. Koleksi yang dapat diakses tersebut terdiri dari koleksi buku teks, Koleksi Jurnal, Koleksi Majalah, koleksi tugas akhir, prosiding, KTI, Skripsi.
2. PROQUEST Untuk mengaksesnya melalui http://search.proquest.com/. Ada pun database online ini memuat subyek bidang bidang kedokteran dan keperawatan. Untuk dapat mengakses e-journal proques..untuk username dan password dapat menghubungi perpustakaan.

ALUMNI

Alumni dapat memanfaatkan fasilitas Perpustakaan hanya baca di tempat dengan menunjukkan Kartu Alumni yang dikeluarkan oleh STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya.

JAM LAYANAN PERPUSTAKAAN
Perpustakaan STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo buka setiap hari Senin s/d Sabtu.
Adapun jam buka perpustakaan adalah sebagai berikut:
• Senin – Jumat : 07.30 – 16.30 WIB
• Sabtu : 07.30 – 12.00 WIB
• Hari minggu dan hari libur nasional perpustakaan Tutup

Kebijakan perpustakaan selama Pandemi Covid-19
NOMOR : 20/STIKES VINC/PERPUS./VII/2020

Berdasarkan pada:
Surat Edaran Ketua STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya No.20/STIKES VINC/KEBIJAKAN/III/2020 dan No. 27/ SIKES VINC/KEBIJAKAN/III/2020 serta Surat Edaran No.11/STIKES VINC/SE/IV/20 tentang Antisipasi Penyebaran COVID-19 di STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya,

Maka pada tanggal 3 Juli 2020 terbit surat edaran No.11/STIKES VINC/SE/VII/2020 tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 pada Masa Pandemi Covid-19 di STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya.
Isi surat edaran tersebut, diantaranya menyebutkan bahwa Seluruh bentuk Perkuliahan di STIKES akan dilakukan dengan menggunakan metode daring/online.

Merujuk pada isi surat edaran tersebut, maka mulai tanggal 07 Agustus 2020 Perpustakaan STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut :
a) Melaksanakan layanan penelusuran judul koleksi secara online, yaitu pemustaka dapat mengetahui judu koleksi yang dimiliki perpustakaan melalui http://perpus.stikvinc.ac.id/
b) Mendorong pemustaka untuk mengoptimalkan e-resources (e-jurnal Proquest) melalui http://www.search.proques.com/
c) Mendorong pemustaka untuk memanfaatkan media internet dalam pencarian informasi misalnya melalui https://books.google.com/
d) Perpustakaan juga menyediakan beberapa alamat link untuk mengakses koleksi e-jurnal dan e-book lainnya secara gratis. Berikut beberapa alamat yang dapat diakses :
1. https://e-resources.perpusnas.go.id/
2. https://www.doabooks.org/
3. https://www.gutenberg.org/
4. https://onesearch.id/
5. http://garuda.ristekdikti.go.id/
6. http://www.jurnal.lipi.go.id/
7. https://doaj.org/
8. https://scholar.google.com/
9. https://www.academia.edu/
10. https://www.researchgate.net/
11. https://v2.sherpa.ac.uk/view/repository_by_country/countries=5Fby=5Fregion.htm
12. http://openlibrary.org./
13. http://manybooks.net./
14. http://bookboon.com./
15. http://getfreeebooks.com./
16. http://ebookdirectory.com./
17. http://ebooklobby.com./
18. http://free-ebooks.net./

e) Layanan peminjaman, dan pengembalian koleksi secara tertutup yaitu :
1. Pemustaka melakukan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui media social WA ke No.081357972355 di jam Kerja pada pukul 07.30 s/d 15.00 WIB dengan menyebutkan : judul buku dan pengarang yang jelas. Kemudian akan dibuat kesepakatan pengambilan buku tersebut. Pengambilan buku pinjaman setiap hari diperkenankan 10 orang, operasional akan diatur oleh bagian perpustakaan.
2. Ketika datang ke perpustakaan melakukan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan harus memperhatikan standar pencegahan penyebaran covid-19, baik bagi pustakawan maupun pemustaka, seperti selalu mengenakan masker, memakai Face Shield, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, serta menjaga jarak.
3. Pemustaka tidak tiperkenankan melakukan aktivitas di dalam perpustakaan, setelah melakukan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan buku, dipersilahkan langsung meninggalkan perpustakaan.
4. Setelah buku/koleksi dikembalikan keperpustakaan, maka akan dilakukan proses karantina buku kuran lebih selama 5-6 hari untuk strerilisasi buku, setelah itu baru bisa dipinjamkan kembali.

f) Pengaksesan tugas akhir : KTI, SKRIPSI untuk sementara belum bisa dilaksakan, untuk kedepannya bisa diakses secara terbatas pd repository STIKES. (masih dalam proses)
g) Pelayanan Bebas Pustaka
Bagi Mahasiswa yang akan melakukan pengurusan bebas pustaka, bisa melalui media social WA..dengan menyebutkan :
 Nama
 NIM
 Prodi