stikvinc surabaya

Integrated Heart, Head and Hand For life

sejarah stikvinc

STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya, STIKES sering dikenal masyarakat dengan sebutan singkat STIKVINC atau STIKES RKZ Surabaya. Mengapa disebut STIKES RKZ? karena RS dan STIKES RKZ Surabaya dikelola oleh Kongregasi yang sama yaitu Kongregasi Suster Misi Abdi Roh Kudus (SSpS). STIKVINC berada di kota Surabaya tepatnya di Jl. Jambi No 12-18 Surabaya. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. 

STIKVINC memiliki sejarah perkembangan yang luar biasa, didirikan atas dasar kebutuhan masyarakat yakni banyaknya pasien yang dirawat di Rumah Sakit Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya (RKZ) dan kurangnya jumlah perawat pada saat itu. Hal ini mendorong para suster SSpS memulai sekolah Pendidikan untuk perawat.  Maka pada tanggal 1 Agustus 1954 Sekolah Pendidikan Perawat dibuka. Pada tahun 1980 menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Pada tanggal 17 September 1987 menjadi Akademi Perawat (AKPER) dengan SK Menteri Kesehatan Nomer 2883/KP/DIKNAKES/IX/1987. Pada tanggal 19 Juni 2006 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomer 103/D/O/2006 tentang pemberian ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan (S1 Keperawatan) dan perubahan bentuk AKPER menjadi STIKES serta pengalihan pembinaan dari DEPKES ke DEPDIKNAKES. Dengan demikian pada tahun tersebut, program studi di kampus tercinta STIKVINC bertambah, yakni Program Studi Diploma Keperawatan, Sarjana Keperawatan, Profesi Ners dan Program Studi Fisioterapi. Pada saat itu STIKVINC masih berada dibawah pengelolaan Yayasan Arnoldus. Sejak tanggal 1 Maret 2012 terjadi pengalihan pengelolaan, dari Yayasan Arnoldus menjadi Yayasan Pendidikan Kesehatan Arnoldus (YPKA). 

Keempat (4) Program Studi sudah terakreditasi LAM-PT Kes yaitu :

  1. Prodi Ilmu Keperawatan No SK : 0169/LAM-PT-KES/AKR/SAR/XII/2015
  2. Prodi Keperawatan No SK : 0919/LAM-PT-KES/AKR/DIP/X/2016
  3. Prodi D3 Fisioterapi No SK : 0469/LAM-PT-KES/AKR/DIP/VII/2017
  4. Prodi Profesi Ners No. SK : 0170/LAM-PT-KES/AKR/PRO/XII/2015
  5. Institusi STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo terakreditasi B SK BAN-PT No. 196/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019.

Dengan visi yang jelas” Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Kesehatan yang Unggul dalam Pendidikan dan Berkarakter KASIH demi kehidupan 2031 , STIKVINCterus maju berkiprah dengan mengedepankan nilai-nilai KASIH yakni kebenaran, ketulusan, kepedulian, dan komunio dengan Tuhan dan sesama. Dengan motto nya “Integrated Heart, Head, and Hands for Life” mendorong civitas akademika untuk hidup secara utuh, terintegarasi dalam nurani, pengetahuan dan ketrampilan. Dengan sejarah yang kuat, STIKVINC selalu berupaya berkembang sesuai jamannya. Selalu menyesuaikan diri dengan melakukan update terhadap fasilitas pembelajaran dan proses pembelajaran. Karena perjuangan yang tiada hentinya, STIKVINC telah menjadi sekolah tinggi terakreditasi dengan peringkat SANGAT BAIK. Meraih prestasi dan terus mengembangkan kerjasama nasional dan internasional dibidang akademik dan non akademik. Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter kasih, profesional dan berdedikasi tinggi. Lulusan terserap dan telah tersebar dalam dunia kerja di seluruh provinsi di indonesi dan juga di luar negeri. Lulusan yang diakui oleh masyarakat karena kualitas yang dimiliki.